Pages

Sabtu, 18 Juli 2015

ANATOMI JANTUNG

>> ANATOMI JANTUNG


Jantung merupakan salah satu organ vital bagi manusia. Fungsinya adalah untuk memompah darah ke seluruh tubuh. Adapun siklus peredaran darahnya adalah :

Vena Cava Superior&inferior - atrium dextra- ventrikel dextra (melalui katup trikuspid) - truncus pulmonalis (melalui katup pulmonal) - ke paru-paru (dioksigenisasi) - Vena pulmonal - atrium sinistra - ventrikel sinistra (katup bikuspid) - aorta (melalui katup aorta) - ke seluruh tubuh.


Sedangkan siklus peredaran darah dari jantung ke jaringan adalah :

Cardio - aorta - arteri - arteriosa - kapiler - venula - vena - vena cava superior&inferior - cardio

Ruang-ruang pada jantung :
1. Atrium dextra
2. Ventrikel dextra
3. Atrium Sinistra
4. Ventrikel Sinistra

Katup-katup pada jantung :
1. Katup Trikuspidalis
2. Katup Bikuspidalis
3. Katup Aorta
4. Katup Pulmonal

Jantung kita ini di bungkus oleh Pericardium. Pericadium di bagi menjadi 2 yaitu serosa dan fibrosa. Pericadium serosa terbagi lagi menjadi lamina varietal dan lamina viseral (yang melekat pada jantung dan disebut juga dengan epicardium).

Lapisan-lapisan pada jantung di luar ke dalam :
1. Epicardium
2. Miocardium
3. Endocardium

Jantung ini di persyarafi oleh saraf simpatis dan parasimpatis. Saraf simpatis berfungsi untuk merangsang (stimulasi) denyut jantung menjadi cepat dan kuat, sedangkan saraf parasimpatis berfungsi untuk menahan (inhibisi) denyut/kontraksi jantung menjadi lemah dan lambat. Berat jantung berkisar antara 300-350 gr tergantung pada umur, jenis kelamin, Tinggi Badan, lemak epicardium, dan nutrisi.....
300-350 gr tergantung pada umur, jenis kelamin, Tinggi Badan, lemak epicardium, dan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar